Minggu, 21 Desember 2008

That`s why I hate Delphi

Alasan diatas sebenarnya bersifat personal. Karena masing-masing orang (programmer) berbeda-beda seh minatnya. Delphi sendiri mungkin IDE (intergrated Development Environment) paling banyak dikuasai dan paling banyak diminati oleh banyak orang maupun instansi. Di beberapa universitas di jogja pun hampir semua nya menggunaka IDE ini buat basic pemrograman berbasis graphic user Interface(GUI) termasuk kampus gw. Tapi terus terang gw agak kurang cocok dengan bahasa ini. Mungkin karena penulisan sintak dan implementasi variabel yang terlalu ribet.

Terus terang sejak awal gw udah gak cocok ama pemrograman ini (berbasis dari bahasa pascal). Mungkin banyak diantara programmer yang menggunakan IDE ini lantaran kemudahan dalam implementasi logika. Mungkin benar tapi menurut gw agak terlalu ribet dan panjang membuatnya. Gw sendiri lebih menyukai turunan bahasa pemrograman dari bahasa C/C++. Misalnya visual C++,visual C#, java, C++ Builder. Saat ini sedang mendalami visual C#.Net sebelumnya ke Java dan Visual C++. Bahasa tersebut lebih mudah memimplementasi OOP bahkan juga AOP (Aspek Oriented Programing) pendekatan baru dlm pemrograman.Pendekatan ini rada sulit dilakukan pada Delphi,karena Delphi lebih ke pendekatan berbasis objek( bukan orientasi objek).

Sebagai contoh liat sintak pascal berikut dalam declarasi variabel

uses crt;

const phi = 3.14;

var diameter, radius,

Luas : real;

begin

readln(diameter);

radius := diameter / 2;

Luas := phi * radius * radius;

writeln(Luas);

end.

Sintak diatas lebih merepotkan menurut gw dibanding sintak C++ berikut


 

#include <stdio.h>

void main()


 

{

const phi = 3.14;

float diameter, radius, Luas;

scanf("%f", &diameter);

radius = diameter / 2.0;

Luas = phi * radius * radius;

printf("%f",Luas);

}


 

Jauh lebih simple menurut gw

Begitu pula dengan pendefinisian array di pascal :

/*bahasa Pascall/Delphi*/


 

var

bil : array[0..3] of integer;

begin

bil[0] := 1;

bil[1] := 2;

bil[2] := bil[0] + 2;

bil[3] := bil[0] + bil[2];

end;

sintak diatas jauh lebih panjang dibanding sintak c++ dibawah ini


 

/*bahasa C*/

void main() {

int bil[4];

bil[0] = 1;

bil[1] = 2;

bil[2] = bil[0] + 2;

bil[3] = bil[0] + bil[2];

}

Nampak lebih simple dalam pendefinisiannya.


 

Apapun permasalahannya semua tergantung masing-masing individu seh. Mungkin banyak yang cocok dengan Delphi karena lebih mudah dimengerti. Tapi kalo gw sendiri lebih menyukai bahasa C dan turunannya (sekarang sedang mempelajari C#).it's depend on yourself.

Tidak ada komentar: