Selasa, 14 April 2009

Partai pilihanku

Pemilu legistalif telah berakhir.hasilnya pun sedikit mulai ketahuan dan partai yg terpilih pun menyusun strategi koalisi. Mau tau pertimbangan partai pilihanku? Ya dari sekian banyak partai paling gak hanya 1 yang bisa dipilih. Dasar-dasar pertimbangan saya dalam memilih partai antara lain.

Saya kurang suka dengan partai tua yg kurang moderat,konservatif dan korupsi, kolot dan arogan seperti jaman orde baru bahkan orde lama. Tidak beretika politik yg membangung(walaupun katanya koalisi perubahan).bahkan salah satu ketua umumnya kurang beretika,suka mencela, dan tidak berwawasan dan berpendidikan tinggi, karena alasan ini PDIP, Golkar, Gerindra dan Hanura ilang dari daftar pilihan saya.

Negara kita adalah Negara yg majemuk. Berbeda suku dan agama. Meskipun saya seorang dari agama mayoritas dengan syariat yg konservatif(NU) tapi saya kurang suka partai yang mencampur adukan agama dan politik.meskipun Negara kita mengakui keberadaan partai berbasis agama. Negara kita adalah sekuler(tapi mengakui dan menghormati keberadaan agama). Makanya PPP,PKB,PBB, dan PKS yang meskipun tampak bersih dan moderat tapi semua ilang dari daftar pilihan saya.

Mungkin Negara kita sedang menghadapi krisis global dan kemiskinan dan beberapa partai yang menyatakan ingin menaikan taraf hidup petani dan nelayan. Tapi apabila petani dan nelayan ini sudah berkecukupan apakah mampu menjamin masyarakat miskin lain yg bukan petani dan nelayan keluar dari kemiskinan. Andaikata para farmer ini makmur maka harga pangan jadi naik,harga pupuk naik dan sebagainya.saya kurang yakin mereka cukup cerdas. Karena itu Gerindra dan Hanura hilang dari daftar pilihan saya.

Sekarang pilihan Cuma tersisa antara PAN dan Demokrat. PAN sekarang seperti macan ompong, tidak berpotensi memiliki visi yang kuat. Hanya banyak mengusung artis2 yang saya kurang yakin potensi mereka di legislative dan bisa jadi Cuma pajangan.

Pilihan saya terakhir Cuma partai Demokrat. Ya akhirnya saya memilih partai Demokrat yang InsyaAllah unggul 20% lebih. Selama pemerintahan 5 taun terakhir menunjukan kemajuan luar biasa(bagi saya pribadi). Meskipun tidak tampak mulus karena hantaman krisis global yang mengakibatkan hengkangnya investor dan meluasnya pengangguran namun sebenarnya pemerintah dibawah demokrat sudah berusaha semaksimal mungkin mengatasinya dengan program KUR,Pnpm mandiri, BLT,sekolah gratis,jaminan kesehatan dll. Hanya saja masyarakat konservatif(berpendidikan rendah no offense loh tapi mereka cenderung berpikir sempit) kurang mau memanfaatkan ini(budaya malas mengurus dan ribet dibuang jauh2,mana bisa sukses tanpa usaha dulu). Juga masa pemerintahan ini membuka peluang wirausaha kecil hingga besar terbuka lebar(artinya bisa mengurangi pengangguran). Terbukti sejak era ini banyak muncul enterpreneur2 muda.

Yup itulah sekilas tentang keputusan saya memilih partai ini. Paling tidak saya menimbang secara rasional dan moral.

1 komentar:

harry mengatakan...

Sukses Demokrat!
Semoga KKN dapat dilenyapkan dari bumi Indonesia