Rabu, 11 Februari 2009

Lagi-lagi cekal

Film Indonesia di cekal mungkin bukan barang baru. Sudah banyak filem lokal yang dicekal, mulai dari alasan ideology, historis, pornographi, ampe yg terakhir alasan kaidah keagaman.Perempuan Berkalung Sorban filem yg dicekal sejumlah aktifis dan ulama-ulama Islam.

Menurut mereka filem ini menjatuhkan nilai-nilai Islam. Karena penggambaran Islam yg radikal. Di fillem ini diceritakan (meskipun gw lum nonton) bagaimana di suatu pesantren yang masih radikal. Terpaku pada norma-norma lama yang sebenarnya juga gak Islami. Diskriminasi terhadap wanita.dll. hal ini yang menjadi polemic dikalangan Intelektual Islam.

Tapi menurut gw seh (mungkin) sebenarnya bukan bermaksud menyindir Islam. Tapi menggambarkan sejumlah intrik dalam pemahaman Islam tersebut. Mungkin penggambaran pesantren kebanyakan emang gak seperti di filem itu. Islam adalah agama yang adil. Agama yang memudahkan umatnya, sejumlah pesantren pun sangat moderat dan tdk mendiskriminasi umatnya(khususnya wanita). Tapi sebenarnya ada beberapa oknum lembaga maupun tempat pembelajaran Islam yang seperti itu. Mendiskriminasi dan menyimpang dari ajaran namun membawa embel-embel Islam yang sebenarnya bertentangan dengan nilai-nilai syariat Islam. Saya bukan penganut Islam Liberal bahkan saya penganut Islam Tradisional (Mazhab Imam Hambali yg Ibadahnya golongan Tradisional Seperti NU maupun Hizbuh tahrir).tapi juga harusnya kita berpikiran kritis. Apa yg disampaikan dalam filem itu hanya bagian dari unsur yg ada. Bukan keseluruhan. Banyak pesantren dengan ajaran Islamnya yg bener dan bagus. Tapi ada juga yang menyimpang seperti di filem tersebut.

Tidak ada komentar: